Situ Patenggang : Panorama Keindahan Ciwidey

Ciwidey adalah sebuah kecamatan di selatan kota Bandung yang menyimpan banyak keindahan alam yang luar biasa.  Perjalanan dari Bandung menuju Ciwidey kira-kira 2 hingga 3 jam,tapi perjalanan akan terasa menyenangkan  dimana sepanjang perjalanan kita disuguhi pemandangan alam pegunungan dan kebun teh yang menyejukkan mata. Selain objek wisata kawah putih, di Ciwidey ada beberapa objek wisata yang sayang untuk dilewatkan, diantara tempat wisata tersebut yang paling populer Situ Patengan (sering disebut Situ Patenggang).


Situ Patengan atau Situ Patenggang merupakan sebuah danau yang cukup luas yang berada di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut di pegunungan Ranca Bali. Situ Patengan berjarak kurang lebih 47 Km dari pusat kota Bandung, atau sekitar 5 Km dari Kawah Putih. Memasuki wilayah Situ Patengan, kita langsung disambut dengan hamparan kebun teh yang luas,yang seolah-olah sudah didesain sedemikian rupa sehingga menjadi sedap dipandang.


Untuk yang berlibur membawa keluarga bisa menikmati keindahan danau menggunakan perahu sewaan mengelilingi danau ini atau bisa juga membawa sepeda dan menikmati keindahan alam bumi Parahyangan ini.
Situ Patengan merupakan danau yang penuh mitos, dimana di dekat danau ada sebuah batu tulis yang menceritakan tentang legenda kisah cinta antara Ki Santang dan Dewi Rengganis yang setelah sekian lama berpisah dan akhirnya bertemu kembali di sebuah tempat di dekat Situ Patengan yang kini diberi nama “Batu Cinta”. Di tengah danau itu terdapat pulau kecil yang dinamakan pulau Asmara, dinamakan pulau asmara karena pulau ini berbentuk seperti Hati.
Pulau Asmara dan Batu Cinta menjadi lokasi tujuan utama oleh para wisatawan. Karena menurut cerita , jika ada yang datang ke Batu Cinta dan mengelilingi Pulau Asmara maka dia akan mendapatkan cinta yang abadi. Hal inilah yang mungkin menjadikan Batu Cinta dan Pulau Asmara menjadi tempat yang bisa membuat wisatawan menjadi penasaran akan mitos tersebut.

Incoming search terms for the article:

alam parahyangan ciwidey, panorama ciwidey, pemandangan alam ciwidey, pemandangan alam di ciwidey, situpatenggang

Category : News Posted on February 15, 2013

Leave a Reply


seven + 7 =