Monumen Bandung Lautan Api

Jika dikaitkan dengan masa perjuangan kemerdekaan, ada satu istilah yang khas mengenai Bandung yaitu “Bandung Lautan Api”. Untuk memperingati peristiwa bersejarah ini, didirikanlah Monumen Bandung Lautan Api yang berada di  tengah-tengah kota yaitu terletak di kawasan Lapangan Tegallega. Taman Tegallega sendiri merupakan salah satu ruang terbuka publik yang memiliki luas 16 Ha. Dulunya taman ini digunakan sebagai tempat pertunjukkan pacuan kuda yang digemari oleh masyarakat baik dari dalam maupun luar Kota Bandung. Monumen ini dibangun untuk memperingati peristiwa Bandung Lautan Api, dimana terjadi pembumihangusan Bandung Selatan yang dipimpin oleh Muhammad Toha. Diceritakan  Bandung yang saat itu merupakan basis militer penting, diserang oleh tentara Belanda yang berusaha merebut kembali kekuasaan di Indonesia. Rakyat dan tentara Republik Indonesia yang tidak rela Bandung kembali diduduki oleh pemerintah kolonial Belanda kemudian membumihanguskan kota. Maka untuk mengenang peristiwa tersebut, dibangun Tugu Bandung Lautan Api ini.

Monumen Bandung Lautan Api inipun menjadi markah tanah kota Bandung. Monumen ini mempunyai tinggi 45 meter dan memiliki sisi sebanyak 9 bidang, lalu memiliki 10 stilasi yang tersebar di 10 lokasi. Stilasi ini berupa monumen mini yang mempunyai tinggi sekitar 1,5m, didesain oleh Sunaryo dan dibangun tahun 1997 ini memiliki tiga sisi yang memberikan informasi tentang peristiwa yang terjadi dilokasi berdirinya stilasi tersebut, yaitu keterangan Pembuat Stilasi (Bandung Heritage) dan (AMEX Bank Fondation), Teks Lagu “Halo-Halo Bandung” sebagai Penanda Stilasi, serta Peta “Bandung Lautan Api Heritage Trail”. Gak lupa,dibagian atas stilasi dibuat replika bunga khas Bandung, Patrakomala.

Untuk itu bagi anda yang sedang berkunjung ke Tegallega, sempatkanlah untuk sekedar melihat-lihat monument ini, tentu sambil mempelajari sejarah yang terkandung didalamnya.  Lalu bagi anda yang hobi berbelanja bisa berjalan-jalan di sekitaran tegalega tepatnya daerah otista dan astana anyar pada sore menjelang malam hari karena pada waktu itu para pedagang mulai menjajakan dagangannya.

“MONUMEN BANDUNG LAUTAN API” , by :

The Santorini,Villa Istana Bunga, W.8 Parongpong, Bandung – Jawa Barat, Indonesia (40559) Telp Number :+62 22 2789 443, Email Address :admin@roberni.com

Villa Roberni, Komplek Villa Istana Bunga V3, Parongpong, Bandung – Jawa Barat, Indonesia, Phone : +62 22 2789443

Villa murah di Bandung dengan lokasi pemandangan alam natural, romantisme keindahan yang mempesona, dan tempat yang sangat cocok untuk rekreasi serta melepas penat bersama keluarga, anak-anak, saudara, kerabat, maupun pasangan anda.

Temukan lokasi menarik untuk acara maupun kegiatan anda : prewedding, outdoor activity, wedding ceremony, syuting film atau sinetron.

Dengan dikelilingi panorama pegunungan dan tempat-tempat rekreasi, temukan diri anda berada di penginapan murah di Bandung dengan fasilitas lengkap yang memanjakan………HANYA untuk ANDA!!!

Incoming search terms for the article:

monumen bandung lautan api

Category : News Posted on April 7, 2013

Leave a Reply


+ 7 = ten