Let’s Know Kuliner Khas Bandung : Surabi Bandung

Serabi kadang disebut srabi atau surabi merupakan salah satu makanan ringan atau jajanan pasar yang berasal dari Indonesia. Serabi serupa dengan pancake (pannekoek atau pannenkoek) namun terbuat dari tepung beras (bukan tepung terigu) dan diberi kuah cair yang manis (biasanya dari gula kelapa). Kuah ini bervariasi menurut daerah di Indonesia. Daerah yang terkenal dengan kue serabinya adalah Jakarta, Bandung, Solo, Pekalongan dan Purwokerto yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri.

Serabi sendiri berasalal dari bahasa sunda, yaitu “Sura” yang berarti besar. Mungkin dahulunya serabi merupakan makanan bagi para pembesar. Atau hanya disajikan pada saat acara yang cukup besar. Belum ada satupun penelitian yang mencoba membuktikan hal ini. Tidak lebih penting dibandingkan penelitian untuk ilmiah rasanya. Sehingga akhirnya serabi dinyatakan sebagai makanan khas Jawa.

Berbagai macam serabi dapat dijumpai di Indonesia. Tidak hanya di pulau Jawa. Memang serabi asli Indonesia lebih populer di pulau Jawa. Serabi Jawa berbentuk bulat dengan bagian bawah agak gosong akibat panasnya wadah tanah liat yang digunakan. Namun justru kenikmatan rasa serabi terletak di bagian bawah tersebut.

“LET’S KNOW KULINER KHAS BANDUNG : SURABI BANDUNG” , by :The Santorini,Villa Istana Bunga, W.8 Parongpong, Bandung – Jawa Barat, Indonesia (40559) Telp Number :+62 22 2789 443, Email Address :admin@roberni.comVilla Roberni, Komplek Villa Istana Bunga V3, Parongpong, Bandung – Jawa Barat, Indonesia, Phone : +62 22 2789443
Villa murah di Bandung dengan lokasi pemandangan alam natural, romantisme keindahan yang mempesona, dan tempat yang sangat cocok untuk rekreasi serta melepas penat bersama keluarga, anak-anak, saudara, kerabat, maupun pasangan anda.
Temukan lokasi menarik untuk acara maupun kegiatan anda : prewedding, outdoor activity, wedding ceremony, syuting film atau sinetron.
Dengan dikelilingi panorama pegunungan dan tempat-tempat rekreasi, temukan diri anda berada di penginapan murah di Bandung dengan fasilitas lengkap yang memanjakan………HANYA untuk ANDA!!!

Category : News Posted on May 28, 2013

Leave a Reply


6 + seven =