Let’s Know Kuliner Khas Bandung : Batagor

Batagor (akronim dari bakso tahu goreng) adalah makanan dari khas Jawa Barat yang sudah menyebar hampir ke seluruh Indonesia. Makanan ini dibuat dari tahu yang berisi bakso dan dibungkus dengan tepunglalu digoreng, disajikan dengan sambal kacang.

Tidak ada salahnya kita mencoba untuk mencari tahu asal usul makanan lezat ini. Tapi yang pasti, kalo di Bandung namanya Batagor, kalo di Medan namanya Bang Tigor. Hihihihi….

Pastikan anda sudah memesan satu piring batagor di tempat kesukaan anda, sambil menikmati rasanya mari kita coba melihat sejarah penemuannya. Ready…

Batagor ini lahir dari ketidaksengajaan (ih….minta maaf dong, klo gak sengaja!). Saat itu, di Kawasan Bandung, ada seorang pelopor  Batagor yang mulai berjualan sejak tahun 1970an, namanya Isan. Pada mulanya Isan adalah seorang penjual bakso tahu keliling di seputaran Jalan Kopo, Bandung. Suatu ketika, bakso yang dijajakan Isan kurang laku. Setiap hari ia memilikirkan akan diapakan bakso tahu yang tak terjual ini. Apakah harus dibuang, atau diolah lagi supaya tetap menghasilkan uang? Kemudian muncul ide sederhana untuk menggoreng sisa baso tahu yang tak laku terjual tersebut. Pada awalnya baso tahu yang digoreng itu ia bagikan pada tetangganya, ternyata para tetangganya sangat menyukainya. Bahkan ada tetangga yang diminta untuk dibuatkan.

Melihat antusiasme para tetangganya tersebut, Isan mulai mencoba menjajakan baso tahu yang telah digoreng bersama baso tahu yang biasa  ia jual. Di luar perkiraannya, ternyata peminat bakso tahu yang digoreng lebih banyak daripada peminat bakso tahu saja. Akhirnya Isan lebih banyak mengembangkan Bakso Tahu yang digoreng, dengan memberikan aroma dan rasa ikan lebih kuat dan lebih banyak, dengan bumbu khusus (bumbu kacang), sehingga masyarakat lebih banyak menyebutnya Batagor, seperti yang kita kenal saat ini.

Gitu deh!

“LET’S KNOW KULINER KHAS BANDUNG : BATAGOR” , by :The Santorini,Villa Istana Bunga, W.8 Parongpong, Bandung – Jawa Barat, Indonesia (40559) Telp Number :+62 22 2789 443, Email Address :admin@roberni.comVilla Roberni, Komplek Villa Istana Bunga V3, Parongpong, Bandung – Jawa Barat, Indonesia, Phone : +62 22 2789443

Villa murah di Bandung dengan lokasi pemandangan alam natural, romantisme keindahan yang mempesona, dan tempat yang sangat cocok untuk rekreasi serta melepas penat bersama keluarga, anak-anak, saudara, kerabat, maupun pasangan anda.

Temukan lokasi menarik untuk acara maupun kegiatan anda : prewedding, outdoor activity, wedding ceremony, syuting film atau sinetron.

Dengan dikelilingi panorama pegunungan dan tempat-tempat rekreasi, temukan diri anda berada di penginapan murah di Bandung dengan fasilitas lengkap yang memanjakan………HANYA untuk ANDA!!!

 

Category : News Posted on April 18, 2013

Leave a Reply


nine × = 45