Jet lag : Tips & Trik Mengatasinya

Pernahkan suatu ketika anda naik pesawat dalam penerbangan cukup lama, dan ketika anda sampai di tujuan tiba-tiba tubuh anda mengalami gangguan pusing, sakit kepala dan tidak enak badan? Kondisi tersebut biasanya dikenal dengan istilah Jet lag.

Jet lag adalah suatu kondisi kelelahan yang berakibat pada gangguan pencernaan, insomnia dan sakit kepala yang terjadi bersamaan. Ada juga yang menyebut jet lag sebagai gangguan ritme tidur sehabis perjalanan jauh melintasi zona waktu dengan cepat.  Secara psikologis, jet lag merupakan kondisi yang terjadi akibat perubahan ritme circadian, suatu irama biologis yang mengatur respon tubuh terhadap perubahan lingkungan. Jet lag juga sering disebut sebagai sindrom perbedaan zona waktu. Perjalanan dari timur ke barat memiliki resiko yang lebih besar dari pada perjalanan barat ke timur. Tetapi perjalanan dari selatan ke utara atau sebaliknya tidak menyebabkan jet lag asalkan tidak memasuki wilayah zona waktu. Jet lag bisa dialami oleh siapa saja. Tak peduli dengan kuat lemahnya daya tahan tubuh seseorang, usia, dan juga bagi anda yang baru pertama kali atau sering bepergian melintasi zona waktu.

Penyebab jet lag
Secara umum, penyebab jet lag dapat dikelompokkan sebagai berikut :
1. Melintasi zona waktu
2. Kondisi awal kita sebelum penerbangan, misalnya terlalu lelah, takut, stress
3. Tekanan cabin pesawat
4. Udara kering di pesawat. Udara kering ini dapat memicu sakit kepala
5. Sirkulasi udara yang kurang baik sehingga sedikit udara segar yang dihirup
6. Mengkonsumsi minuman yang memiliki kadar alkohol. Bila meminum segelas anggur di pesawat ketika terbang, itu sama artinya dengan 2-3 gelas di bumi. Kondisi ini memungkinkan anda mudah terserang hangover, sakit kepala ketika bangun di pagi hari karena sebelumnya mengkonsumsi alkohol.
7. Makanan dan minuman. Kopi dan teh yang disuguhkan di penerbangan (biasanya) selain lebih berasa, kandungan kafeeinnya juga lebih tinggi daripada kopi atau teh kebanyakan. Jadi bila anda tidak pernah mencicipi kopi atau teh dengan kandungan kafeein yang lebih tinggi, sebaiknya jangan mencoba. Jus jeruk juga bersifat mengerus lambung, jadi sebaiknya tidak dikonsumsi.
8. Kurang pengalaman. Hal ini akan menyebabkan ada dalam kondisi yang tidak nyaman dalam bepergian.

Bagaimana mencegah Jet lag

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan agar kita terhindar dari jet lag :

  1. Mengubah jam tidur dua atau tiga hari sebelum bepergian.  Perubahan jam tidur perlu dilakukan apabila anda akan bepergian melintasi zona waktu yang signifikan.
  2. Hindari stress dan rutinitas kerja, serta hindari minuman beralkohol.
  3. Tidur yang cukup dan berkualitas sebelum penerbangan
  4. Sebelum berangkat, perbanyak minum air putih sebab udara keringnya memicu dehidrasi.
  5. Ketika dipesawat, usahakan untuk tidur meski belum mengantuk, sebaliknya jagan tidur apabila pergi di siang hari.
  6. Bila sampai ditujuan siang hari, usahakan untuk tetap bekerja dan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar.
  7. Untuk mengatasi ketidaknyamanan di pesawat, anda dapat melakukan kegiatan ringan seperti berjalan dan senam ringan.
  8. Bawa peralatan bantuan. Peralatan bantuan yang direkomendasikan adalah peralatan yang dapat memberikan kenyamanan pada saat dibawa, dalam artian tidak membutuhkan space yang besar dan sangat diperhatikan bahwa peralatan tersebut tidak hanya dapat mencegah resiko jet lag namun juga dapat menjaga stabilitas tubuh pada saat memulai dan mengakhiri perjalanan panjang. Membawa peralatan bantuan yang membuat waktu istirahat selama perjalanan juga sangat membantu seperti bantal, kaos kaki, penutup mata dan earplug atau headphones.

“JET LAG : TRIK & TIPS MENGATASINYA” , by :

The Santorini,Villa Istana Bunga, W.8 Parongpong, Bandung – Jawa Barat, Indonesia (40559) Telp Number :+62 22 2789 443, Email Address :admin@roberni.com

Villa Roberni, Komplek Villa Istana Bunga V3, Parongpong, Bandung – Jawa Barat, Indonesia, Phone : +62 22 2789443

Villa murah di Bandung dengan lokasi pemandangan alam natural, romantisme keindahan yang mempesona, dan tempat yang sangat cocok untuk rekreasi serta melepas penat bersama keluarga, anak-anak, saudara, kerabat, maupun pasangan anda.

Temukan lokasi menarik untuk acara maupun kegiatan anda : prewedding, outdoor activity, wedding ceremony, syuting film atau sinetron.

Dengan dikelilingi panorama pegunungan dan tempat-tempat rekreasi, temukan diri anda berada di penginapan murah di Bandung dengan fasilitas lengkap yang memanjakan………HANYA untuk ANDA!!!

Incoming search terms for the article:

istilah jetlag

Category : News Posted on March 21, 2013

Leave a Reply


− 2 = three